Dosen Tamu: Konsep Ruang Vektor Dalam Aljabar Linear Elementer

Program Studi Matematika melaksanakan Kuliah Dosen Tamu pada mata kuliah Aljabar Linear Elementer pada tanggal 4 Januari 2023. Kegiatan ini dilaksanakan melalui daring (Zoom Meeting). Dosen tamu yang dihadirkan adalah Dosen Program Studi Matematika Universitas Lampung yaitu Dr. Fitriani, M.Sc. Materi yang disampaikan adalah materi ruang vector.

Ruang vektor merupakan konsep dasar dalam aljabar linear. Ini adalah himpunan elemen-elemen yang memenuhi beberapa sifat tertentu. Ruang vektor dapat berupa ruang vektor Euclidean yang kita kenal dalam tiga dimensi, atau bisa juga ruang vektor abstrak yang lebih kompleks.

Pada awalnya, vektor dinyatakan sebagai ruas garis dengan tanda panah dan dapat digambarkan secara visual pada sistem koordinat kartesian. Namun, pengertian vektor diperluas ke ruang R^n, di mana sebuah vektor dinyatakan sebagai n-tupel. Konsep vektor di ruang R^n dapat diperluas sehingga berbagai objek matematika dapat diperlakukan sebagai vektor asalkan memenuhi sejumlah aksioma.

Beberapa poin penting tentang ruang vektor:

  1. Operasi Penjumlahan dan Perkalian Skalar: Di dalam R^3, operasi penjumlahan dua buah vektor, u + v, dan perkalian skalar kv sudah didefinisikan.
  2. Aksioma Ruang Vektor: Sebuah himpunan objek-objek V dapat disebut sebagai ruang vektor jika memenuhi enam aksioma berikut: (1)Tertutup terhadap operasi penjumlahan dan perkalian scalar, (2) Komutatif dan asosiatif, (3) Memiliki elemen identitas dan invers dan (4) Memenuhi hukum distributif


Tinggalkan komentar